Kisah Sesungguhnya Tentang Ka’abah

KISAH SEBENARNYA MENGENAI PEMBANGUNAN KAABAH

Oleh Dr. Rafat Amari

Kapan terjadinya pembangunan Kaabah, penggalian sumur zamzam dan pemindahan batu hitam (hajjar aswad) ke Mekah

Setelah mempelajari batu hitam yang merupakan pusat kuil pemujaan Muslim, ternyata pengakuan muslim bahwa Abraham dan Ismael yang membangun Kaabah di kota Mekah adalah sebuah kebohongan.

Abraham tidak pernah pergi ke tempat dibangunnya Mekah, tidak juga anaknya, Ismael dan cucu Abraham (anak Ismael), Nabaioth. Tetapi walaupun demikian, Ibn Ishak, penulis riwayat hidup Muhammad, tetap mengklaim bahwa Abraham-lah yang membangun tempat pemujaan di Mekah dan dijalankan oleh Ismael dan kemudian oleh Nabaioth. Kisah tersebut, diciptakan oleh Ibn Ishak dan rekan-rekannya, sampai pada pernyataan bahwa setelah Nabaioth, suku Jurhum yang mereka akui sebagai penghuni Mekah pada jaman Abraham, bertanggung jawab melayani tempat pemujaan di Mekah. Menurut kisah tersebut, mereka melayani sampai suku Khuzaa’h datang dari Yaman. Hal itu terjadi setelah bendungan di Ma’rib mulai menunjukan tanda-tanda kerusakan dan terusirlah mereka. Kisah itu berlanjut bahwa ketika suku Khuzaa’h tiba di Mekah, mereka mengalahkan Jurhum. Jurhum kemudian meninggalkan Mekah untuk menyembunyikan batu hitam dari kuil pemujaan dan dua rusa emas. Mereka menyembunyikan benda-benda tersebut di mata air yang disebut sebagai Zamzam, kemudian menutupi mata air, batu dan dua rusa tsb dengan tanah sehingga tidak terlihat.[1] Hari kejadian ini sangat penting. Menurut kisah tersebut, Jurhum tinggal di Mekah sampai rusaknya bendungan Ma’rib dan suku Khuzaa’h meninggalkan Yaman. Kita tahu bahwa hal-hal itu terjadi sekitar tahun 150 SM.

Tradisi/hadis islam tidak masuk akal saat membicarakan Jurhum dan penyembunyian mata air dan batu hitam

Jika kisah Jurhum benar, mengapa para penulis riwayat jaman itu, yang mengunjungi dan menulis tentang bagian Barat jazirah Arab menyebutkan nama semua suku yang tinggal disana bahkan sampai suku terkecil, tetapi tidak sekalipun menyebutkan Mekah atau suku Jurhum ?

Kedua, setelah dikalahkan, bagaimana mungkin Jurhum mengubur dua rusa emas yang sangat berharga dan sebuah batu yang sangat dipuja di Mekah tanpa diketahui para penghuni lainnya? Setiap suku yang meninggalkan Mekah sudah pasti membawa harta pusakanya dan tidak akan menguburnya di sebuah tempat umum yg diketahui secara umum. Apalagi mengingat mata air tersebut adalah mata air satu-satunya di Mekah.

Ketiga, sang batu hitam adalah sebuah batu yang dipuja. Tidak mudah untuk memindahkannya dari lokasi didalam kuil pemujaan tanpa diketahui seseorangpun. Menurut pengakuan kaum muslim, perang pecah dikarenakan perebutan hak pengelolaan atas tempat pemujaan tersebut. Bagaimana mungkin suku Jurhum yang dikalahkan berhasil memindahkan batu tersebut tanpa dicegah oleh suku Khuzaa’h sang pemenang atau paling tidak mengetahui tempat disembunyikannya si batu?

Argumen keempat, terpusat pada keberadaan mata air itu sendiri. Jika ia berada di jazirah Arab bagian Barat, maka lokasinya pasti penting untuk diingat. Di atas semua itu, air, secara khusus sangatlah penting bagi bangsa arab yang hidup di gurun pasir. Tradisi islam mengklaim keberadaan mata air tersebut sejak jaman Abraham. Jika pada saat itu secara ajaib diadakan pada saat malaikat Jibril memberikan air pada Hagar dan anaknya, Ismael, maka keberadaannya harusnya diketahui secara luas, bukan hanya di Mekah, tetapi juga di kota-kota lain disekitar Mekah. Kaum Bedouin pasti akan datang ke mata air itu untuk memberi minum binatang ternak mereka. Para penghuni juga akan datang untuk menyegarkan diri mereka. Tidak seorangpun dapat menyembunyikan mata air tersebut, bahkan jika dapat ditutupi dengan tanah.

Kisah kaum Jurhum menyembunyikan barang di mata air pada abad kedua Masehi diteruskan dengan mengklaim bahwa Abdul Mutaleb, kakek Muhammad, menemukan kembali mata air tersebut pada akhir abad kelima Masehi. Kita hanya dapat menyimpulkan bahwa mata air itu tidak nampak sebelum masa Abdul Mutaleb dan hanya diketahui keberadaannya setelah warga Mekah menggalinya.

Fenomena penggalian untuk mendapatkan mata air adalah hal umum di Timur Tengah. Klaim bahwa sebuah mata air ada di sebuah kota selama 2.500 tahun sebelum Jurhum berhasil menyembunyikannya selama tiga abad berikutnya adalah hal yang tidak mungkin, mengingat mata air di jazirah Arab pada masa tersebut sangat bernilai dan sangat penting bagi para Bedouin, dibandingkan dengan Laut Mati itu sendiri. Anda mungkin dapat menyembunyikan laut dari mata suku-suku yang kehausan tetapi anda tidak dapat menyembunyikan sebuah mata air dan lokasinya selama itu.

DAN tidak mungkin kita dapat percaya bahwa sang batu hitam telah berhasil disembunyikan selama tiga atau empat abad. Batu itu merupakan pemujaan utama atau wujud yang disakralkan dalam setiap tempat pemujaan yg dlm bhs Arab disebut kaabah. Batu yang dipuja tersebut yang melambangkan (simbol) bulan, dianggap sakral. Pemujaan kepada Keluarga Perbintangan Arab dengan Allah, yang merupakan bulan sebagai pimpinannya, berada seputar batu hitam tsb. Ellat, istri allah, adalah matahari, sementara al-‘Uzza dan Manat, putri-putrinya, melambangkan dua planet. Kaum muslim percaya bahwa batu hitam sakral tsb datang dari allah, yang tadinya merupakan bulan sebelum digantikan dgn planet venus. JADI bagaimana mungkin sebuah batu hitam yang sangat dipuja dan dihormati oleh masyarakat dapat disembunyikan selagi mereka berperang untuk mempertahankan kehormatannya?

Tidak mungkin utk mengatakan bahwa Kaum Jurhum yg kalah berhasil
menyembunyikan batu yang sangat dipuja tanpa dilihat seorangpun, khususnya jika tempat itu adalah sebuah mata air, tempat mereka minum setiap hari saat berperang. Menyembunyikan batu yang dipuja dengan cara apapun adalah sangat tidak mungkin dibanding dengan menyembunyikan mata air itu sendiri.

Kisah si batu hitam mempunyai beberapa implikasi penting: batu hitam tersebut tidak ada didekat Mekah sampai, barangkali, pada akhir abad 5M. Itu sebabnya mengapa tradisi islam berusaha mencari pembenaran atas ketidakhadiran batu tersebut dengan membuat cerita-cerita yang tidak masuk akal. Oleh karena itu, kita dapat memperkirakan bahwa si batu hitam, yang merupakan wujud utama pemujaan di semua kaabah di jazirah arab, dibawa dari daerah LAIN – kemungkinan besar adalah YAMAN – pada akhir abad kelima masehi.

Asa’d Abu Karb adalah orang yang sebenarnya membangun Kaabah pada awal abad kelima masehi

Dikatakan bahwa sebelum pembangunan Kaabah, sebuah tenda telah ada pada tempat dimana bangunan tersebut kemudian dibangun.[2] Suku Khuzaa’h datang dari Yaman sekitar abad ke dua Masehi. Pada abad ke 4M, mereka berpindah ke daerah dimana selanjutnya Mekah kemudian dibangun. Dikarenakan mereka tidak mendapatkan sebuah tempat pemujaan, mereka mendirikan tenda di sebuah lapangan terbuka.

Informasi dari para penulis di abad 8M yang mendasarkan informasi pada masa muhammad, mengindikasikan bahwa kaabah telah dibangun pada awal abad 5M oleh pemimpin kaum penyembah berhala Himyarite dari Yaman yg bernama Asa’d Abu Karb. Dia juga dipanggil sebagai Abu Karb Asa’d dan ia memerintah Yaman dari tahun 410 sampai 435M. Fakta yang diakui ahli sejarah islam bahwa Asa’d Abu Karb adalah penguasa pertama dalam sejarah yang mendandani kaabah adalah sebuah indikator yang penting bahwa dialah orang yang sebenarnya membangun kaabah.[4]

Memperindah sebuah tempat pemujaan di jazirah arab adalah tahap pembangunan kedua. Hal itu termasuk penyelesaian dekorasi dinding bagian dalam, pemasangan karpet pada dinding-dinding dan lantai, dan menambahkan tekstur dan benda-benda berkaitan pada bermacam-macam bagian dari bagian dalam bangunan. (Orang-orang arab tidak akan berdoa di dalam tempat pemujaan yang tidak didekorasi). Asa’d Abu Karb mengambil buruh dari Azed untuk membangun dinding bagian dalam Kaabah. (Azed adalah sebuah suku dari Yaman pada saat yang sama dengan kedatangan suku Khuzaa’h.) Jadi Asa’d Abu Karb lah yang pertama kali membangun dan mendandani Kaabah, pastilah juga yang pertama kali membangunnya di saat masih berupa tenda di mana suku Khuzaa’h dari Yaman bersembahyang. Asa’d Abu Karb, juga dipanggil sebagai Tubb’a, menduduki kota Yathrib sebelum datang ke Mekah. [6]

Kelihatannya ia menemukan banyak tempat pemujaan di Yathrib, tetapi sesampainya ia di Mekah, ia tidak menemukan satupun tempat pemujaan tersebut. Karena para penghuni adalah pendatang baru dari Yaman, Asa’d Abu Karb membangun tempat pemujaan yang penuh gaya dan khas Yaman. Dia melakukan hal tersebut untuk mempertautkan dirinya dengan penduduk. Dia juga menuliskan sebuah elegi di mana ia menceritakan mengenai matahari yang terbenam dalam mata air berlumpur hitam, sesuatu yang dimasukan Muhammad ke dalam Quran.

Penambahan-penambahan oleh Quraish pada bangunan yang dibangun Asa’d Abu Karb

Quraish, suku Muhammad, kemudian hari menguasai Mekah. Mereka mendapatkan sebuah batu hitam dari Yaman sehingga tempat pemujaan mereka akan sama dengan semua kaabah lainnya yang mana, menurut pemujaan Keluarga Perbintangan jazirah arab, dibangun keliling sebuah batu hitam. Pemujaan terhadap keluarga bintang dimulai dari Yaman, dari tempat dimana kaum Quraish beremigrasi. Kaabah pertama yang dibangun Asa’d Abu Karb beratapkan kayu. Atap tersebut terbakar, kemudian mereka menggunakan kayu yang dibawa oleh sebuah kapal Byzantine yang berlabuh di lepas pantai Laut Mati di suatu daerah yang dinamakan al-Shaebieth. Pemilik kapal adalah seorang Koptik Mesir bernama Bachum. Dialah yang menjual kayu kepada mereka dan dibuat menjadi atap untuk kaabah.[7] Kemudian, ketika muhammad masih muda, wujud-wujud berikutnya masih ditambahkan pada bangunan yang sederhana.[8]

Fakta-fakta tersebut tentang pembangunan tempat pemujaan di Mekah seharusnya menyebabkan kaum muslim mempertanyakan segala sesuatu yang dikatakan Ibn Ishak dan para rekannya mengenai kota itu, dalam upaya mendukung klaim muhammad didalam quran bahwa tempat pemujaan tersebut dibangun oleh Abraham dan Ismael.

KAUM YAMAN BERTANGGUNG JAWAB ATAS PEMBANGUNAN TEMPAT PEMUJAAN DI MEKAH

Suku Khuzaa’h, penyembah berhala dari Yaman, membangun kota Mekah pada abad 4M. Jejak-jejak mereka diseluruh bangunan tempat pemujaan, menunjukkan bahwa tidak mungkin Abraham dan Ismael yang membangunnya

Kita akan mendiskusikan karakteristik pemujaan Yaman yg melekat pada tempat pemujaan di Mekah. Perkataan dan kebiasaan muhammad disebut hadits. “Sahih Muslim” dan “Sahih Bukhari” merupakan buku-buku utama yang dapat dipercaya, berisikan kata-kata atau perbuatan muhammad. Dalam buku-buku tersebut, kita membaca mengenai kebiasaan muhammad memeluk dan mencium dua buah batu, Rukun Yaman dan batu hitam. Ibn Abbas, sepupu muhammad dan penulis dari hadits yang dapat dipercaya, menyebut ttg kebiasaan muhammad memeluk dua Rukun Yaman. Dengan Rukun Yaman, dia menunjuk pada batu hitam dan batu lainnya yang juga disebut sebagai Rukun.[9] Dari hal tersebut kita mengetahui bahwa kaabah mempunya dua wujud utama yang juga disebut Rukun yang dianggap sakral, yaitu batu-batu di mana disekelilingnya dibangun kaabah. Inilah sebenarnya yang dipuja warga Mekah dan Muhammad.

JADI KESIMPULANNYA : batu hitam tersebut dibawa dari Yaman pada masa Abdel Mutaleb, kakek muhammad. TAPI Islam mengklaim batu tersebut disembunyikan bersama dengan mata air Zamzam beberapa abad sebelum muhammad. Telah saya tunjukkan sebelumnya bahwa klaim demikian tidak mungkin benar. Faktanya adalah bahwa muhammad dan islam berusaha menghubungkan penyembah berhala dari Yaman yang merupakan nenek moyang muhammad, yang mana ditransfer dari Yaman ke tempat pemujaan di Mekah, dengan Abraham dan Ismael, walaupun ada bukti-bukti sejarah yang menunjukan sebaliknya. Kita akan melihat beberapa di antaranya.

Pertama-tama, diakui secara luas bahwa Mekah dibangun pada abad 4M. Abu Karb Asa’d adalah yang pertama kali menyucikan kaabah yang menunjukkan bahwa dialah pembangun kaabah. Dia melakukannya dalam masa pemerintahannya di Yaman yaitu antara 410 dan 435M. Kedua Rukun, atau batu-batu yang merupakan wujud utama pemujaan di tempat pemujaan aslinya berasal dari Yaman. Waktu kemunculan pertama kalinya batu hitam tersebut di Mekah adalah pada masa kakek muhammad, sekitar tahun 495 dan 520M. Walaupun tradisi islam sadar akan fakta-fakta ini, Muslim TETAP menciptakan kisah-kisah yang tidak berdasar untuk menutupi celah-celah sejarah. Telah saya buktikan bahwa kisah-kisah tersebut tidak masuk akal dan gampang dipatahkan.

Faktor yang penting dalam melacak hasil kerja orang Yaman dalam pembangunan tempat pemujaan di Mekah dan mengukir waktu yang tepat atas pembangunan tempat pemujaan semacam itu dapat ditemukan di Kerajaan Himyarite di Yaman. Abu Karb Asa’d, raja yang memerintah kerajaan Himyarite, mencoba memperluas kerajaannya pada jazirah arab bagian barat tengah supaya dapat mengontrol jalur rempah-rempah dari Yaman ke utara jazirah arab dan daerah produktif bulan sabit. Abu Karb Asa’d yang juga dipanggil sebagai Tubb’a, menduduki kota-kota di tengah bagian barat jazirah arab pada permulaan abad kelima masehi. Di antara kota-kota tersebut adalah Mekah dan Yathrib, yang juga disebut al-medina. Strategi kaum pendudukan adalah menyatukan kota-kota tersebut pada kerajaannya dengan memperkuat sistim keagamaan Yaman yang telah dipeluk para penghuni Mekah dan Yathrib. Para penghuni Mekah adalah pendatang dari Yaman, jadi mereka orang asli Yaman. Yathrib dibangun oleh dua suku Yaman, Oas dan Khazraj. Mereka juga beremigrasi ke Yathrib setelah dam di Yaman rusak di sekitar tahun 150 masehi. Suku-suku ini hidup bersama dua suku Yahudi yaitu Bani Kharithah dan Bani Nathir yang sudah duluan ada. Abu Karb Asa’d asli Yaman. Ia membangun kaabah di Mekah untuk memperkuat kekuasaannya atas kota tersebut dan menunjukan niat baik pada para penduduk Mekah yang saat itu tidak memiliki tempat pemujaan untuk bersembahyang. Mereka, sama seperti dirinya, mempunyai kepercayaan yang sama pada penyembahan berhala.
Pemikiran-pemikiran Tubb’a atas mitos-mitos penyembahan berhala orang Yahudi dan orang Yaman dan pengaruh mereka pada orang-orang arab di tengah bagian barat jazirah arab dan juga terhadap muhammad.

Tubb’a juga mencoba membangun jembatan penghubung dengn komunitas Yahudi di Yathrib. Dia mendengarkan pemikiran keagamaan mereka dan sumbernya. Dia mempelajari mitos orang Yahudi seperti legenda burung hoepoe yang mengabarkan tentang kerajaan Saba kepada Solomon. Mitos ini berasal dari buku-buku mithologi yang dinamakan sebagai Targum Ester kedua. Muhammad memasukan mitos yang sama ke dalam quran.

Untuk memperlengkapi, Tubb’a membawa dua rabi Yahudi ke Yaman.[10] Mereka menambahkan pengetahuannya dengan mengajarkannya banyak sumber-sumber keagamaan Yahudi dan mitos-mitos, memudahkannya untuk mencampurkan bermacam-macam hal ke dalam latar belakang penyembahan berhala Yamannya dengan mithologi Yahudi dan kepercayaan keagamaan. Contohnya, ia menggabungkan pemujaan bintang arab dengan mithologi Yahudi. Denga npengetahuan yang beragam seperti itu, dia berpikir akan dapat mengontrol daerah di tengah bagian barat jazirah arab, di mana kaum Yahudi dan arab tinggal. Dia kemudian menyatakan dirinya seorang nabi, menerangkan banyak pemikiran yang dianggap orang Yaman tidak terbantahkan tentang matahari, bumi dan kosmos. Di Mekah, dalam usaha menyakinkan para pendengarnya bahwa ia adalah seorang nabi, dia mengajarkan bahwa matahari terbenam di mata air yang berlumpur hitam.[11] Mitos ini pula yang dimasukan muhammad ke dalam quran.

Setelah kematiannya, klaim Tubb’a meninggalkan kesan yang mendalam pada banyak kelompok masyarakat, bahkan pada kelompok-kelompok yang hidup hingga masa muhammad. Muhammad menganggap dia sebagai seorang muslim dan hampir sebagai seorang nabi.[12] Ada pula mithos mengenai Tubb’a di antara kaum arab. Al-Taberi menyanjung kemenangan-kemenangannya di China dan Tibet. Sama sekali tidak berdasar sejarah, tetapi hal itu menunjukan betapa besar pengaruh Tubb’a atas orang-orang arab pada masa muhammad, pada soal mana banyak yang menganggap dia sebagai seorang nabi.

Kaabah di Mekah dibangun untuk pemujaan bintang-bintang Arab dan jelas mempunyai kesamaan pada semua karakteristik kaabah-kaabah (kuil tempat pemujaan) yang dibangun untuk bersembahyang

Fakta bahwa tempat pemujaan di Mekah dibangun sebagai kaabah untuk pemujaan bintang arab ditunjukan dalam banyak hal. Pertama bahwa bangunan tersebut dibangun dengan gaya arsitektur yang sama dengan kaabah lain di jazirah arab. Semuanya adalah tempat pemujaan yang sama untuk agama keluarga bintang arab di mana allah dianggap sebagai pimpinan dan ellat adalah istrinya. Semua kaabah mempunyai sebuah batu hitam sebagai wujud yang paling dipuja. Ia melambangkan bintang tuhan di jazirah arab. Banyak dari batu hitam tersebut adalah meteorit yang oleh orang arab jatuh ke bumi. Mereka berpikir bahwa meteorit tersebut adalah duta dari bulan yang diangap sebagai allah itu sendiri. Ini sebelum gelar tersebut diberikan pada venus yang menggantikan bulan sebagai pimpinan keluarga bintang.

Hal lain yang menunjukkan bahwa kaabah di Mekah dibangun sebagai tempat pemujaan bintang arab adalah bahwa kaabah Mekah merefleksikan anggota-anggota keluarga rasi bintang dalam banyak wujud. Pintu utama kaabah disebut sebagai “ pintu pemuja matahari”,[14] istri dari allah.

Muhammad mengkonfirmasikan bahwa kepercayaan asli kaabah adalah dari orang Yaman

Peranan agama penyembah berhala orang Yaman dalam bangunan tempat pemujaan di Mekah dan sifat alamiah agama tersebut tidak dapat disembunyikan. Bahkan muhammad menerima bahwa system keagamaan di Mekah sebagai asli dari Yaman. Muhammad banyak menyuarakan hadits mengenai sumber asal kepercayaan kaabah adalah dari Yaman. Pengajaran tersebut dilaporkan dalam hadits yang dapat dipercaya, buku al-Bukhari di dalam mana muhammad berkata : “Kepercayaan orang Yaman dan kebijaksanaan orang Yaman”. Dalam hadits lain, ia berkata : “Doktrin dan hal-hal berkaitan dengan hokum adalah dari orang Yaman”.[15] Maka, bukan hanya Rukun, batu yang sacral di kaabah, yang dari Yaman, tetapi juga hukum-hukum keagamaan, doktrin dan kepercayaan adalah dari orang Yaman. Ada bukti tidak terbantahkan bahwa tempat pemujaan di Mekah dibangun oleh pemimpin Yaman menurut gaya dan detail penyembahan berhala ala Yaman. Ia mendirikan ritual keagamaan Yaman di Mekah dan itu diketahui oleh bagian lain dari jazirah arab. Bagaimana kemudian, Abraham bisa membangun kaabah, jika apa yang telah kita pelajari mengenai pembangunannya adalah benar? Bagaimana mungkin batu hitam dating dari surga dan bagaimana Abraham mempersembahkan korban di atasnya, dan membangun kaabah di sekelilingnya, jika batu tersebut tidak berada di Mekah sebelum abad kelima masehi? Bagaimana mungkin ajaran muhammad dating dari allah melalui malaikat Gabriel dan tetap berasal dari Yaman?

Cendekiawan mesir yang terpandang, Tah Hussein, telah mengkritik islam karena menghubungkan pembangunan tempat pemujaan di Mekah dengan Abraam dan Ismael.[16] Tah mengatakan:
• Kasus tersebut pada episode ini sangat jelas karena waktu yang relatif baru dan muncul bersamaan dengan munculnya islam. Islam telah mengeksploitasinya untuk alasan keagamaan.[17]

Jika kaum muslim mencari data dengan seksama dalam sejarah, seperti yang dilakukan oeh cendekiawan besar Mesir ini, mereka akan sampai pada kesimpulan yang sama.

Menentukan waktu suku Khuzaa’h membangun Mekah

Banyak elemen sejarah membantu kita menentukan waktu pembangunan Mekah yang tepat. Satu factor utama yaitu kerusakan yang terjadi pada dam di Ma’rib di Yaman sekitar tahun 150 masehi. Hal tersebut menyebabkan banya keluarga dan suku-suku beremigrasi dari Yaman ke Utara. Salah satu dari keluarga-keluarga tersebut adalah keluarga Amru bin Amer, seorang individu Yaman yang keturunannya bersaudara dengan banyak suku-suku. Di antaranya adalah Khuzaa’h yang berdiam di bagian tengah bagian barat jazirah arab. Kemudian mereka membangun kota Mekah.

Suku-suku lain yang datang dari Amru bin Amer adalah Oas dan Khazraj. Mereka berdiam di Yathrib, yang juga dinamakan sebagai al-medina, di mana suku-suku Yahudi, Bani Kharithat dan Bani Nathir juga telah berdiam.

Dari tulisan Tabari, ahli sejarah terkenal arab, kita mengetahui bahwa kejadiannya hamper bersamaan dengan perpindahan Lakhsmids dari Yaman ke Mesopotamia. Juga diwaktu yang bersamaan, Amru bin Amer, bapak kaum Khuzaa’h, pindah dari Yaman.[18] Kaum Lakhsmids dating dari Yaman di abad kedua masehi. Mereka berdiam di daerah Mesopotamia yang belakangan diketahui sebagai kota Hira. Kemudian orang-orang Persia menggunakan mereka sebagai penjaga perbatasan dengan kekaisaran Byzantine yang mendominasi Syria. Raja Laksmids pertama adalah Amr I bin Adi, yang memerintah dari tahun 265–295 masehi.[19] Begitu seriusnya kerusakan dam di Ma’rib, mempercepat emigrasi dari suku-suku seperti Ghassan yang berdiam di perbatasan dengan Byzantine, Shammar yang berdiam di gurun pasir Syria dan suku-suku lainnya yang beremigrasi ke utara jazirah arab dan daerah produkrif di daerah bulan sabit.[20] Beberapa dari suku-suku ini mempunyai hubungan kekerabatan karena merupakan keturunan dari Amru bin Amer.[21] Suku-suku lain yang dating pada saat runtuhnya dam di Ma’rib adalah suku Oas dan Khazraj. Mereka tinggal di al-medina. Ozd al-Sarat pergi ke al-Sarat, sebuah tempat dekat Orfeh di sebuah daerah di mana kemudian Mekah dibangun. Suku Khuzaa’h menghuni tempat yang disebut Mur yang juga disebut sebagai Mur al-Thahran,[22] sebuah tempat lain yang juga dekat dengan tempat di mana kemudian Mekah dibangun.[23]

Mekah dibangun oleh kaum Khuzaa’h sebagai stasiun yang terisolasi dari jalur rempah-rempah

Pada saat itu, tidak ada kota bernama Mekah di daerah tersebut, jikalau ada, Khuzaa’h dan Ozd telah menghuninya, seperti Oas dan Khazraj menghuni kota Yathrib. Sampai dengan lebih dari satu setengah abad, kaum Khuzaa’h tetap berada di daerah sekitar area di mana kemudian Mekah dibangun. Kemudian mereka memutuskan membangun sebuah stasiun di jalur caravan, di mana para pedagang dapat beristirahat dan berbisnis. Jika Mekah telah ada sebelum kaum Khuzaa’h beremigrasi dari Yaman, Mekah akan menjadi kota tujuan di mana mereka mencari penghidupan, seperti suku-suku kerabat mereka, Oas dan Khazraj, pergi ke Yathrib untuk mencari peruntungan dari perdagangan dan aktivitas pertanian suku-suku Yahudi di sana. Tetapi bukan Khuzaa’h maupun Ozd, sebagai pendatang baru di daerah yang hampir dikosongkan, dekat daerah di mana kemudian Mekah di bangun, menemukan kota yang menerima mereka ketika mereka meninggalkan Yaman. Mereka menunggu lebih dari 170-200 tahun sebelum membangun seuah kota di jalur caravan yang menjadi stasiun untuk karavan-karavan bersaing dengan Yathrib yang berjarak sekitar 200 mil jauhnya. Stasiun yang dibangun mereka, diberi nama Mekah.

Penting untuk dicatat, bahwa tidak satu sukupun yang datang dari Yaman menghuni Mekah. Jika Mekah sudah ada pada saat dam di Ma’rib rusak parah, sekitar tahun 150 masehi, kita akan menemukan banyak suku hidup di Mekah karena dekat dengan Yaman, dibandingkan dengan Yathrib yang lebih jauh. Tetapi karena daerah di mana kemudian Mekah dibangun adalah daerah yang kosong dan tidak mempunyai kota-kota, menarik suku-suku seperti Ozd dan Khuzaa’h mendiami daerah tersebut. Mereka melakukannya walaupun mereka sebelumnya tinggal di sebuah kota dengan peradaban di Yaman yaitu Ma’rib, ibukota Saba. Ini argument penting yang menunjukan bahwa Mekah tidak pernah ada sebelum kaum Khuzaa’h membangun kota tersebut pada abad keempat masehi.

Mari kita mereview fakta-fakta bersejarah ini. Telah saya tunjukan bahwa suku Khuzaa’h dari Yaman yang membangun kota Mekah pada abad keempat masehi. Kita telah melihat hubungan antara tempat pemujaan di Mekah dengan agama penyembah berhala dari Yaman. Semua hal ini menunjukan klaim islam mengenai pembangunan tempat pemujaan di Mekah oleh Abraham dan Ismael bertentangan dengan fakta-fakta sejarah yang benar. Membangun kepercayaan di atas pasir adalah tidak bijak. Saya berdoa semoga teman-teman muslim akan kembali kepada agama yang benar seperti yang ditemukan dalam sejarah dan dikisahkan dalam Bible. Dalam Bible mereka dapat menemukan pondasi yang kuat, terdokumentasi secara tertulis dalam kitab-kitab penuh makna dan dianggap oleh para sejarahwan sebagai sumber yang akurat untuk sejarah kuno.
________________________________________
[1] Tarikh al-Tabari, I, page 524
[2] Al-Azruqi, Akhbar Mecca, 1/6
[3] A. Jamme, W.F., Sabaean Inscriptions from Mahram Bilqis (Ma’rib), the Johns Hopkins Press, Baltimore, 1962, Volume III, page 387; there are also Texts numbered by G. Ryckmans after himself, G. Ryckmans, Le Museon 66 (1953), pages 363-7, p1.V; quoted by K.A. Kitchen , Documentation For Ancient Arabia, Part I, Liverpool University Press, 1994, page 219
[4] Al-Azruqi, Akhbar Mecca, 1:173; Yaqut al-Hamawi, Mujam al-Buldan, 4:463
[5] Ibn Saad, Tabakat, 1, page 64
[6] Ibn Hisham 1, page 20
[7] Halabieh 1, page 235; Ibn Hisham I, page 157; al-Azruqi, Akhbar Mecca I, page 104
[8] Tarikh al-Tabari, I, page 526
[9] Sahih Muslim 9, page 15
[10] Tarikh al-Tabari, I, page 426-428; al-Ya’akubi I, page 226
[11] Tarikh al-Tabari, I, page 429
[12] Halabieh I, page 280
[13] Tarikh al-Tabari, I, pages 331, 332, 360
[14] Halabieh I, page 236
[15] Al-Bukhari 5, page 122; Halabieh I, page 259
[16] Quotation by Alessandro Bausani, L’Islam, Garzanti Milano, 1980, page 208
[17] Quoted in Mizan al-Islam by Anwar al-Jundi, page 170 ;Behind the Veil, page 184
[18] Tarikh al-Tabari, I, pages 431 and 360 also mentioned the emigration to the area of Hira in Mesopotamia of tribes descended from Maad bin Adnan from Yemen.
[19] K.A. Kitchen, Documentation For Ancient Arabia, Part I , Liverpool University Press, 1994, page 251
[20] James Montgomery, Arabia and the Bible, University of Pennsylvania Press, Philadelphia, 1934, page 126; Montgomery also quotes Philby, The Heart of Arabia, II, page 97
[21] Ibn Hisham I, page 12
[22] Ibn Hisham I, page 13
[23] The commentators on Ibn Hisham I, page 13

_________________
Qui se laudari gaudent verbis subdolis, sera dat poenas turpes paenitentia (Barangsiapa gembira dengan kata-kata penuh tipuan, maka penjelasan yang tiba belakangan akan memberikan hukuman yang memalukan).
– Phaedrus 15 BC-AD 50.

sumber:

http://www.faithfreedom.org/forum/viewtopic.php?t=60599
http://religionresearchinstitute.org/mecca/construction.htm
http://islamexpose.blogspot.com/2008/08/kisah-sesungguhnya-tentang-kaabah.html

69 responses to this post.

    • Posted by andee chemahee on Maret 29, 2014 at 6:48 am

      Terserah loe mao ngomong pa..?? itu hak loe sebagai orang KAFIR penguni NERAKA.
      smoga Allah berikan balasan atas ucapan Loe yang menghina keyakinan GW. Khususnya MOESLIM.

      Balas

      • Posted by Muhamad Nasir on Mei 13, 2015 at 11:09 am

        @andee
        Calon penghuni neraka adalah mereka yg memiliki ayat Qs 19:71 ( masuk neraka adalah suatu kemestian yg sudah ditetapkan awloh swt bagimu) , yg nabinya saja belum masuk surga, sehingga masih harus didoakan setiap hari 17 x, sehingga umatnya juga pasti tidak mungkin masuk surga.
        Apalagi syaratnya memang berat , harus melewati seutas rambut yg dibelah 7 , dimana dibwahnya ada api neraka yg me- nyala2

  1. Posted by Doll.Anan on Agustus 23, 2010 at 3:00 am

    Yg di katakan sbg air zam2 itu adalah air dari sunmur yg di buat oleh Abraham sendiri dan sekarang air itu adalah sulingan dari laut . Kita sulit mempercayai pendapat2 muslim krn tdk ada bukti apapun yg dpt menjadi pegangan Muslim itu banyak bohongnya tanpa dasar asbun.

    Balas

    • Posted by pembela islam on Juni 20, 2012 at 2:48 pm

      gw mau tanya kok lu sembayang main band… gk sekalian ajh main boyband2nan

      Balas

      • Posted by Muhamad Nasir on Mei 13, 2015 at 11:13 am

        Menurut pengakuan bbrp tokoh muslim keturunan nabi yg sudah bertobat , dan menjadi anak Tuhan, air zam zam adalah buatan PDAM nya Mekah.
        Batu utk melempar setan, juga tidak habis2, bukan karena mujizat, melainkan karena setiap malam diangkuti balik oleh petugas2 Arab Saudi

    • LOE EMANG MANUSIA LAKNAT YA…. MUDAH2AN ALLAH SWT MENIMPAKAN AZABNYA BUAT ORANG SPERTI LOE ITU…… KAMI ORANG MUSLIM MEMANG TIDAK BISA MEMBUKTIKAN APA2 TAPI ALLAH LAH YG AKAN MEMBUKTIKANYA PADA KALIAN YG TIDAK PERCAYA AKAN KEBENARAN YG HAKIKI. LOE AKAN MENGALAMI PENYESALAN YG ABADI MEN DI AKHIRAT NANTI. WALAUPUN GUE EMANG ORANG BRENGSEK TAPI GUE GK TERIMA AGAMA GUE DI LECEHKAN SPERTI ITU… LBIH BAIK KITA KETEMU AJA KLO LOE EMANG MANUSIA JANTAN. TAPI KLO LOE KECOA/TIKUS GOT LBIH BAIK LOE JGN MENAMPAKAN DIRI KLO GK PGN GUE INJEK2 SAMPE ISI PERUT LOE MUNCRAT……..BANGSAAATTT…

      Balas

      • Posted by Anonim on Oktober 27, 2012 at 4:33 pm

        aduuhhhh…yang bicara aja nggak beragama…nggak usah dipikirin deh….tetapi lebih baik didoain…biar terima iman kepada Isa Almasih, amin

      • Posted by Muhamad Iqbal on Mei 13, 2015 at 11:20 am

        awloh swt bukanlah TUHAN yg Maha Kuasa, sudah terbukti dari ayat2 Alquran, dia tidak pernah mampu membuktikan kemahakuasaannya

        bukti :
        1) QS.29: 52 awloh bersabda : “Cukuplah Allah menjadi saksi antara”ku” ( berarti awloh ) dan antara “mu” ( berarti muhamad )
        .( Siapa nih yang bicara? Katanya / bualnya semua ayat Alquran adalah firman Allah yang didiktekan kpd muhamad )
        – Berarti diatas awloh masih ada Allah, atau dgn perkataan lain : awloh BUKAN ALLAH.
        – Siapakah awloh itu ? Makhluk apakah dia ?

        SANGAT Nyatalah itu sebuah DUSTA yang sangat KETERLALUAN ! !

        2) QS.10:20 Umat berkata : “ MENGAPA TIDAK DITURUNKAN KEPADA MUHAMMAD SUATU MUKJIZAT PUN…. Lalu awloh berkata: “ Sesungguhnya yang gaib itu kepunyaan Allah ( berarti awloh bukan Allah ), sebab itu tunggu sajalah olehmu ; sesungguhnya aku ( awloh) bersama kamu (muhammad ) termasuk orang2 yang menunggu. ( berarti awloh adalah “seseorang” , bukan ALLAH, yang juga sedang menunggu mujizat )

      • Posted by Anonim on September 1, 2015 at 11:08 pm

        Hanya orang2 bodoh yang g bisa melihat mukjizat dari nabi Muhammad SAW.
        manusia mana yang g bisa membaca g bisa menulis bisa menghafal begitu banyak

        jgn asal menafsirkan sesuatu yang diluar kemampuan anda, coba anda pelajari Al-Qur’an, Insya Allah anda akan mendapat hidayah

    • Posted by Anonim on Oktober 31, 2012 at 3:09 pm

      Mohon maaf sebelumnya, kalo air zamzam yang sekarang masih asli dari sumur zamzam jaman nabi ibrahim (abraham) dan itu terdapat di masjidil haram (ka’bah) akan tetapi untuk keperluan hidup warganya (mandi,cuci,masak,pabrik dll) saudi arabia memang memakai air hasil penyulingan air laut. saya pernah ke kesana dan merasakan perbedaan rasa kedua air tersebut.

      Balas

    • Posted by Anonim on Juni 29, 2015 at 6:31 pm

      Mudah2an kau umur pendek biar alloh menazabmu klopun ksu masih hidup

      Balas

    • Posted by Anonim on Juli 13, 2015 at 7:05 pm

      allah maha besar….

      Balas

  2. Posted by hamba allah on Desember 4, 2010 at 8:50 am

    ya allah sadarkan lah orang ini???amin

    Balas

  3. Posted by wesi aji on Juni 27, 2011 at 1:58 pm

    DIDALAM SEBUAH AGAMA MENGENAL KONSEP AKIDAH YANG HARUS DIPERCAYAI SEUTUHNYA BAIK BERSANGKUTAN DENGAN RASIONALMAUPUN IRASIONAL PIKIRAN SEORANG MANUSIIA AMAT TERBATAS DIDALAM MENGANALISA POKOK PERMASALAHAN YANG ADA KITA SAYA SEAGAI MUSLIM AMAT MENGARGAI SETIAP PENDAPAT BAIK DARI NON MUSLIM YANG RAGU TERHADAP AJARAN ISLAM NAMUN YANG MENJADI CATATAN ADALAH KITA MENGKAJI AGAMA HARUSLAH ILMIYAH TANPA ADANYA STIGMA NEGATIF SEKARANG ANDA TAHU BUKAN KENAPA DIEROPA MARAK ORANG YANG PINDAH AGAMA MENJADI ISLAM KETAHUILAH ISLAM ITU AJARAN YANG BAIK

    Balas

    • Posted by Anonim on Juni 28, 2012 at 12:32 pm

      agama impor semua

      Balas

    • Posted by Muhamad Iqbal on Mei 13, 2015 at 11:31 am

      Semua agama mengajarkan kebaikan, kecuali islam.
      Semua nabi , terutama nabi2 asli dari Israel tidak ada yg cabul yg nafsu sex nya bejat, kecuali …..
      Tetapi keselamatan tidak ada didalam agama apapun, HANYA ada didalam iman kepada Kristus, sebab hanya Dia lah yang telah menebus dosa manusia dgn matinya Dia di kayu Salib, tetapi bangkit pada hari ke 3, dan kembali naik ke surga pd hari ke 40
      Dan Dia bukanlah manusia biasa, spt kita atau nabi2 lain, melainkan Firman(Allah) yg = Allah, yg turun dari surga, menjelma menjadi manusia, selama 33 th ( saja)

      Balas

      • Posted by Anonim on September 11, 2015 at 11:31 pm

        Babi

      • Terlalu rendah kalo islam dialog dg orang (kafir) seperti anda karena susah nyambung hanya buang2 energi sj rugi kita karena anda sdh tanam kebencian terlebih dl pd islam
        Inget org kafir smp kiamatpun tdk akan rela islam semakin kuat semakin berkembang pesat di belahan dunia, bahkan mantan pendeta, pastur jebolan s3 vatikan berbondong2 msk islam sementara anda siapa broo..?
        Udah kau kafir ngobrol sana sendiri sama babi ato anjing yg najis aja karena kau sm2 najis baru nyambung

  4. Posted by hambaAllah on Juli 11, 2011 at 2:53 pm

    يرجى أن يغفر الله قبل الله غاضب ومستاء حقا لكم، لا يحصلون على الله لوقف التنفس الخاص بك ،… الله هو كل شيء، كل عظيم ومتسامح، تحقيق، وتحقيق، وتحقيق
    كن حذرا ئلا نقع في جهنم النار.

    Balas

  5. Posted by fahri al farizi on Juli 18, 2011 at 6:31 am

    alloh hu khaliqu kulli syaiin,,,tidak ada yang tidak mungkin bagi allah…….
    semua fakta fakta ini bohongt ter masuk karya Dr.RAFAT amari dia itu kristen dan dia hanya ingin menyesatkan kita umat muslim………….sadar lah umat muslim,sadarlah allah berada di dekatmu….

    Balas

    • Posted by kristen anjing on Maret 13, 2012 at 12:03 pm

      kalo yesus itu tuhan kok bisa ya tentara romawi membunuhnya, dasar tuhan kampret tu yesus, ko yesus tu tuhan ko telanjang dasr tuhan porno gak tau diri, apa penyembahnya yang tolol kale ya. kalo yesus tuhan kok sempat disambr petir patung2 nya, dasar orang kristian TOLOl bgt, kitab porno, tebus dosa, boleh ngentot ama siapa saja, kalau bisa memasukkan orang lain ke kristen

      Balas

      • Posted by ool on November 1, 2012 at 2:44 pm

        sadarlah saudara islam bahwa kalian telah dibohongi oleh bangsa arab,,,orang arab sendiri yang katanya kebutuhan airnya aja nga cukup gm orang membawa air dari arab????percayalah dengan uraiam diatas kebenaran yang terungkap

    • Posted by Muhamad Kosim on Mei 13, 2015 at 11:34 am

      @ Fahri
      Mana ada orang Kristen yg menyesatkan muslim; muslim itu sudah sesat dari awalnya, lalu berusaha menyesatkan orang lain
      Setiap hal YANG MEMBAWA KESELAMATAN selalu DIPUTAR BALIK / DISESATKAN iblis, sebab dia tidak mau orang selamat, yaitu :
      1. Kematian dan Kebangkitan Yesus, yang MEMBAWA Keselamatan dan Penebusan Dosa oleh Darah Kristus , di plintir / diputar balikkan / disangkal, dengan mengatakan Yesus tidak mati disalib, digantikan oleh Yudas ( Tapi inipun tidak tertulis dalam Quran, hanya tafsiran mereka yg sesat. Penyangkalan ini sudah dinubuatkan oleh Rasul Yohanes dan Petrus, sebagai ciri2 iblis penyesat / nabi palsu dalam I Yoh 2: 22-23 ; I Yoh 4: 1-4 dan 2 Ptr 2 : 1- 3
      Dalam QS.4:157 awloh MENYANGKAL Kematian dan Kebangkitan Yesus. Padahal Kematian dan Kebangkitan Yesus itulah yang Membawa Keselamatan manusia. Kurang ajarnya lagi, awloh itu mengatakan ( dengan sok tahu) bahwa Yudas lah yang menggantikan Yesus dikayu salib.
      Se-olah2 ia bermaksud baik mau “menolong” Yesus. Memang ia (iblis) ingin MENUTUPI hal ini, supaya manusia DIBUTAKAN / jangan menjadi percaya lalu SELAMAT. Dasar iblis PENIPU / PENYESAT ! dia LUPA bahwa dalam QS 3:55 ia sudah mengakui bahwa : Yesus disampaikan kepada ajalnya dan diangkat kesurga ( juga dlm QS 19:33. Dia juga LUPA bahwa : para Nabi sebelum Yesus SUDAH menubuatkan Kematian dan Kebangkitan Yesus dan Yesuspun SUDAH berkata sebelum kematianNya, bahwa Ia akan memberikan nyawaNya dan mengambil kembali dalam 3 hari. Selain itu ada 8 Rasul2 telah menulis tentang Kematian dan Kebangkitan Yesus. Mereka MENYAKSIKAN hal itu dengan mata mereka, sebab mereka HIDUP SEZAMAN dan SENEGERI (Israel) dengan Yesus. Jadi kesaksian Alkitab ini sangat mantap, SANGAT MEYAKINKAN kebenarannya.
      Tapi dasar iblis, sangat nekad BERBOHONG, dengan tidak tahu malu, MEMUTAR BALIK KAN Kebenaran. Coba saja pikir,dengan akal waras, seorang yang baru lahir 600 an tahun kemudian setelah itu, dan hidup/tinggal dinegeri yang jauh, TIDAK MENYAKSIKAN KEJADIAN itu , buta huruf lagi, sehingga cuma bisa dengar2 dari orang2/ makhluk yang tidak jelas identitasnya, mana bisa kita percaya kata2nya ?
      Hanya orang yang sangat bodoh dan buta mata dan buta akal pikiran saja yang mempercayai DUSTA yang sangat NYATA dan jelas itu
      2. Domba mati menggantikan Ishak, yang melambangkan : Yesus mati menggantikan umatNya, (yang dilambangkan oleh Ishak ) diplintir / diubah dengan paksa dan dengan tidak tahu malu sehingga menjadi Ismail. Sehingga menjadi : Yesus mati menggantikan umat Muslim ! Mana mungkin ? TIDAK MASUK AKAL WARAS
      3. Kuburan Abraham yang ada di gua Makhpela disebelah timur Mamre di Palestina, tapi dikatakan nya ada di Mekah. Padahal pada zaman Abraham, Mekah belum ada dan Abraham tidak pernah ke Mekah ( TIDAK ADA BUKTI2 SEJARAHNYA ). Hal ini tertulis oleh Musa di Alkitab yang diakui kebenarannya oleh Quran, tetapi sebaliknya tidak.
      4. Bait Allah yg pertama yang dibangun oleh Salomo di Yerusalem, dikatakannya ada di Mekah pula, dibangun oleh Abraham. Padahal pada zaman Abraham belum ada dibangun Bait Allah, apalagi Mekah juga belum ada, dan tidak ada bukti sejarah, Abraham pernah ke Mekah. Pada zaman Musa saja, baru mulai diajari Allah membangun Kemah Suci dari Tenda kain. Dusta nya keterlaluan !
      5. Nama Yeshua Hamashia atau Yesus Kristus atau Jesus Christ, yang berarti : ALLAH MENYELAMATKAN UMATNYA DARI DOSA mereka ; diubah menjadi Isa, nama yang tidak bermakna, sebab Isa adalah terjemahan dari nama Esau, saudara kembar Yakub.
      Inilah BUKTI KEKELIRUAN dan KEPALSUAN QURAN

      6. DOSA WARISAN dikatakannya tidak ada, padahal BUKTI2NYA SANGAT NYATA, yaitu :

      a. Manusia telah kehilangan kekekalan, telah menjadi manusia fana
      b. Manusia telah kehilangan pakaian cahaya kemuliaan Allah, sehingga telanjang, butuh pakaian
      c. Manusia harus bekerja keras untuk hidupnya; padahal dulu di taman Firdaus tinggal petik buah2an dan makan
      d. Manusia telah diusir keluar dari taman Firdaus. Sekarang , mana Taman Firdaus ?
      e. Manusia telah jatuh dibawah kekuasaan iblis yang menuju Maut. Pada hari kematian pasti mendatangi neraka sesuai QS 19: 71.
      Itulah penyesatan iblis melalui nabi palsunya.
      Makanya kita perlu Juruselamat untuk membebaskan kita dari belenggu kekuasan iblis, Maut itu

      7. QS 5: 68 “Hai Ahli Kitab, kamu tidak dipandang beragama sedikitpun hingga kamu menegakkan ajaran2 Taurat, Injil dan “apa2” ( semua kitab ) yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu”
      Tetapi “apa2” telah DIUBAH menjadi Al Quran. Padahal arti “apa2”, sebenarnya adalah kitab2 / surat2 lain dalam Alkitab selain Taurat ( 5 kitab) dan Injil (4 kitab) , yaitu kitab: Nabi2, Hakim2, Raja2, Rasul2 yang jumlahnya masih ada 57 kitab.
      Lihatlah terjemahan Prof Mahmud Yunus atau UII Jogya, oleh H. Zaini. Lagipula ayat ini kan ditujukan kepada Ahli Kitab ( orang Yahudi), jadi pastilah yang dimaksudkan dengan “apa2 “ adalah kitab2 lain dalam Alkitab; tidak masuk akal waras bila “apa2 “ diubah menjadi Al Quran, hanya bisa menipu orang2 bodoh.
      Teliti lah juga kata2 ayat tsb : “yang diturunkan kepadamu ( orang Yahudi ) dari Tuhanmu”, berarti memang Alkitab yang dimaksudkan, BUKAN Al Quran. Sebab Quran kan tidak diturunkan kepada orang Yahudi !

      8. QS 32 : 23 “ Dan sesungguhnya Kami telah berikan kepada Musa Al Kitab, maka janganlah kamu (Muhammad) ragu2 menerima “nya” dan Kami jadikan Al Kitab itu petunjuk bagi bani Israil”
      “Nya” telah DIPLINTIR dan diartikan sebagai Al Quran. Ini juga idem diatas, tidak masuk akal waras, hanya bisa menipu orang2 bodoh.
      Ayat ini SEDANG membicarakan Al Kitab yang diberikan kepada Musa dan supaya menjadi petunjuk bagi BANI ISRAIL. Dan pada saat itu Quran belum ada , belum ditulis, belum bisa dibaca. Ingat arti Quran adalah bacaan. Jadi sangat ANEH DAN JANGGAL lah bila “nya” diartikan sebagai Al Quran.
      Bacalah ulang2 ayat ini dengan hati yang jujur dan otak yang jernih. Pengertian ini ditegaskan sekali lagi dalam :
      9. QS 10 : 94 “Maka jika kamu (Muhammad) berada dalam KE-RAGU2AN tentang apa yang Kami turunkan kepadamu, maka TANYAKANLAH kepada orang2 yang membaca kitab sebelum kamu”
      Siapakah orang2 yang membaca kitab sebelum Muhammad? Tentulah orang2 Kristen ! Jadi Muhammad diharuskan bertanya kepada orang Kristen. Bila malu bertanya, pasti SESAT dijalan
      Begitu pula pengikut Muhammad saat ini, bila tidak mengerti Kebenaran Allah, tanyalah kepada pendeta-2 Kristen, Jangan malu2 ! bila tidak pasti akan sesat !

      10. QS 4: 159 “ Tidak ada seorangpun dari Ahli Kitab ( termasuk ustad), kecuali akan BERIMAN KEPADANYA ( ISA) sebelum kematiannya. Dan di hari kiamat nanti ISA ITU AKAN MENJADI SAKSI terhadap mereka “
      Ahli Kitab ( muslim juga ) SUDAH percaya kepada Isa / Yesus sebagai nabi, TIDAK PERLU MENUNGGU sampai hari kematian mereka baru percaya, sebab saat itu sudah TERLAMBAT
      Yang mereka tidak / belum percaya adalah Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat.
      Jadi yang sebenarnya dimaksud ayat ini adalah : MEREKA BARU AKAN BERIMAN KEPADA YESUS SEBAGAI TUHAN DAN JURUSELAMAT PADA HARI KEMATIAN MEREKA (tapi terlambat).
      MASALAHNYA, dalam terjemahan Depag, di catatan kakinya telah MEMPLINTIR arti sebenarnya dari ayat ini, sehingga berubahlah arti sebenarnya dari ayat ini

      11. QS 4:171 Ayat ini saya salin, tanpa kata2 tambahan dalam kurung yang MENYESATKAN / MENGUBAH arti itu : ….SESUNGGUHNYA AL MASIH, ISA putera Maryam itu, adalah Utusan Allah dan KALIMAT-NYA yang disampaikan-Nya melalui Maryam , dan ROH DARI NYA
      (Jadi kesimpulannya : ISA ADALAH KALIMAT ALLAH DAN ROH ALLAH, sama dengan yang ditulis dalam Al Kitab,di Yoh 1:1-18 )
      JADI BILA ALQURAN BENAR2 BERASAL DARI ALLAH, SEHARUSNYA ISINYA SAMA DENGAN ALKITAB.
      Juga dalam ayat ini dikatakan Allah tidak mempunyai anak. Padahal itulah yang menyelamatkan manusia. Sehingga ayat ini mencelakakan umat kedalam kebinasaan, sebab membuat mereka menolak Yesus sebagai Anak Allah dan juga menolak menjadi anak2 Allah..
      Jadi IBLIS TELAH MENIPU UMAT DENGAN AYAT JAHATNYA INI, SEHINGGA MEREKA LEBIH SUKA MENJADI ANAK2 IBLIS DARIPADA MENJADI ANAK2 ALLAH.
      DAN KELAK MEREKA JUGA LEBIH SUKA PERCAYA KEPADA DAJJAL yang adalah ANAK IBLIS YANG SULUNG, DARIPADA PERCAYA KEPADA YESUS ANAK ALLAH.

      12. Kedatangan Tuhan Yesus yg ke 2 kali ke dunia yg adalah utk menyelamatkan umatNya dari Masa Aniaya Besar 2x 3,5 th, DIANGKAT HIDUP2 ke Surga, eh diputar balik , menjadi utk nangkap2 -i umatNya. Sungguh DUSTA PEMUTAR BALIKan yg TIDAK MASUK AKAL

      13. QS 3 :45 ( tanpa kata2 dalam kurung yang MENYESATKAN / MENGUBAH ARTI)
      “ Hai Maryam, sesungguhnya Allah menggembirakan kamu dengan KALIMAT DARIPADA-NYA, NAMA-NYA AL MASIH ISA putera Maryam, seorang yang TERKEMUKA DI DUNIA DAN DI AKHIRAT……”
      Tidak ada nabi lain yang dikatakan begitu, kepada Muhammad pun tidak
      Jadi Isa adalah : Kalimat Allah = Firman Allah ,
      dan menurut Al Kitab, di Yoh 1: 1 dan 14 Firman Allah = Allah dan telah menjadi manusia.
      Jadi kesimpulannya : Yesus adalah Firman Allah, sama dengan Allah

      Balas

      • Posted by Anonim on September 12, 2015 at 12:12 am

        Juru parkir kale yg loe sembah..gk tau malu kl loe menyembah juru parkir.gk bisa selamat dri salib kok mau jdi juru selamat.penebus dosa lagi..penebus bpkb baru bisa… anak tuhan..anak bapa..anak pungut loe..wkwkwkwkwk

      • Posted by Jip Woles on September 12, 2015 at 5:04 am

        Islam hanya menyembah bersyukur kepada Allah swt sang pencipta segalanya dan mengarah kiblat pada kabah, bukannya kepada tuhan yang berwujud patung atau tuhan yang diperanakkan kayak yang dipercayai agama lain yang arah kiblat nya gak jelas seenaknya kemana arah, yang paling lucu ad band nya juga, knapa gak skalian boyband, kemana ya logika kalian

  6. Dr.Rafat Amari hanyalah sebagian dari ilmuwan yang sangat bodoh, mengapa? karena
    seorang doktor tidak mengerti kode etik seorang ilmuwan, doktor macam apa kamu ?

    Balas

  7. Posted by wisnu on Desember 30, 2011 at 4:16 am

    yang tertulis diatas adalah sebuah kebohongan
    tak ada kebenaran di dalam nya hanya kebutaan seperti penulis nya

    Balas

  8. Posted by Anonim on Mei 6, 2012 at 3:20 am

    smua crt diatas adll kebohongan yg ingin mnyesatkan org islam,,,,gilaaaaaaaaaaaa

    Balas

  9. Posted by Anonim on Mei 6, 2012 at 3:30 am

    ssungguhnya agama yg benar disisi ALLAH SWT adalah ISLAM, utk whai sdraku yg muslim, ttplah brada dalam Islam smpai ajal dtg mnjemput,,,kuatkan imammu tguhkan pendirianmu,,mantapkan hati,,,jgn prnah ragu dgn islam,,,

    Balas

  10. Posted by Anonim on Juni 10, 2012 at 3:26 pm

    semoga ALLAH SWT menimpakan kutukan dan kepedihan dunia akherat kepadamu wahai dr yang penuh kebodohan!!!!! aminnin wahai para muslimin dan muminat !!!!

    Balas

  11. Posted by pembela islam on Juni 20, 2012 at 2:44 pm

    setan tetap saja setan… nulis seperti kaga di ayak dulu mulut nya..
    kalo mau dibahas janggalan ,, lebih janggal agama kristenn..
    tuhan di gantung kok minta tolong ma dy..
    tuhan kok punya bapa..
    tuhan kokcelana nya gak ganti2..,
    kitabnya kok dari jaman ke jaman .. tahun ke tahun sering berubah rubah.
    masa sembayang main band…
    masa agama menghalalkan memakan daging babi.. pdhal menurut penelitian banyak penyakit / kuman yang ada di hewan tsb..
    pikir syaiton.. mana ada agama sperti ini

    Balas

  12. eh anjink kalo ngomong atau posting jaga bacot lu monyet
    gue bakar mau lo
    ISLAM AGAMA GUE ALLAH TUHAN GUE YANG PALING NOMOR SATU
    DAN HANYALAH ALLAH YANG PANTAS DISEMBAH

    dasar manusia TOLOL palsu nih postingan
    so tau lo,
    10000000000000000000000000000 % gue kaga bakal terhasut sama postingan ini

    Balas

  13. hai yang menulis.tau dari alkitab itu sudah ditambahkan isinya,bahkan ditambahkan oleh pastur dan paulus jika anda membaca al quran tidak ada kelamah anya satu pun
    kata kata nya yg indah akan membawa anda kebenaran kami pun tahu bahwa kami sedang berperang aqidah dengan agama anda .. kami tidak akan terpengaruh oleh karya anda kami bukanlah org yg bodoh walaupun kami masih kecil dan mas jidil haram bukanlah permainan aqidah anda

    Balas

  14. Posted by isti on November 24, 2012 at 11:00 pm

    waduh..0rang2 pada ribut semua kita ini sbg hamba tuhan ,kenapa kita semua mencelakan satu sama lain,,kasihanilah sesamamu,hormatilah sesamamu.. yesus itu juru selamat ..apabila kita semua,menjauhi ..larangannya dan beriman kpd allah{bapa] di surga..amen.

    Balas

  15. Komen2nya pada sadis2 ye, penuh penghinaan, hujatan, n kata2 kotor. Hayo…diajarin apa sama Tuhan n nabinya? Kalo aq sih gampang aja. Org yg doyan menghina, menghujat dan mengata2i iman n kepercayaan org lain, berarti org tsb bukan pengikut agama, tuhan n nabinya, tapi pengikut IBLIS. Sebab agama manapun ga mengajarkan apalagi membenarkan umatnya tuk menghina & menghujat, apalagi membenci org lain. Kalo ada agama yg mengajarkan hal2 itu, wah aq mo murtad aja dr agama itu deh….

    Balas

  16. numpang lewat….

    Balas

  17. Posted by Andri yanto on Februari 16, 2014 at 3:02 am

    karya rafat amari hanyalah hasil dari sebuah penelitian, hasil dan kesimpulannya bukan berarti sudah final untuk dikatakan sebuah kebenaran sejarah. Keabsahan data dan sampel data yang dipergunakan perlu diuji lagi. Walaupun dia menghabiskan waktu 20 tahun dalam penelitiannya, tapi perlu ratusan bahkan ribuan penelitian-penelitian lain untuk mendukung kebenarannya. Saya sangat respect terhadap usahanya dalam meneliti sejarah Islam, tapi terhadap hasilnya saya masih meragukannya. Dari sisi independensi kepenelitiannya, dia tidak independent, dia berangkat dari seorang kristiani.

    Balas

  18. kenapa kita jadi ribut sendiri saling mengklaim agama yang kita anut paling benar?
    kita semua penganut agama juga sama sama tidak tahu kebenaran yang sesungguhnya,karena kita menganut agama berdasarkan doktrin baik dari orang tua, guru, maupun tokoh agama yang merekapun juga sama tidak tahunya, hanya karena keyakinan dan berdasarkan kitab cetak ulang yang dibuat ribuan tahun yang lalu.dalam semua agama kita diharuskan menyembah Tuhan.Allah atau apapun yang sifatnya maha kuasa, maha besar,maha kaya.aktualnya kita diharuskan menyembah sesuatu yang kita belum pernah tahu wujud dan keberadaannya.
    saya menganut islam karena doktrin,karena itu saya hanya ingin mengkaji apa yang saya yakini apa sudah benar. saya sering menanyakan tentang manusia pertama dibumi yang versi alquran adalah nabi adam yang ada sekitar 28.000 tahun yang lalu, sedangkan di sangiran jawa timur ditemukan fosil manusia yang berusia hampir 2 juta tahun dan diakui dunia yang karena itu di sangiran dibangun musium besar dengan biaya dari unesco.
    Tentang tuhan maha adil, kenapa semua malaikat bernama arab semua kok tidak ada malaikat dari china,japan,atau dari jawa misal mailkat paimin.
    tentang tuhan maha kaya, jika mau bikin rumah allah masih dimintakan sumbangan dipinggir jalan, dimana kun fayakunnya ? kenapa allah tidak menciptakan rumah ibadah untuk umatnya dengan kunfayakunnya?
    tentang allah maha kuasa, sudah bertahun tahun israel menindas bangsa arab yang mayoritas muslim, dengan maha kuasanya tentu harusnya sangat mudah melenyapkan bangsa israel dari muka bumi.Ini tidak pernah terjadi.
    tentang allah maha besar, logikanya jika maha besar kenapa mesti minta pengakuan sebagai dzat maha besar dengan menyuruh manusia untuk menyembahnya?
    jika allah maha pengampun, harusnya tidak ada neraka. yang ada hanya surga saja.
    jika allah maha melihat mestinya di dunia ini tidak akan ada kejahatan,korupsi.
    COBA KITA RENUNGKAN sudah ratusan tahun kita dibelenggu oleh ajaran yang dibuat orang arab.

    Balas

    • buat perabandingan komentar mas/mbak :

      anda :”sedangkan di sangiran jawa timur ditemukan fosil manusia yang berusia hampir 2 juta tahun dan diakui dunia”

      saya :”Adam hidup selama 930 tahun setelah penciptaan (sekitar 3760-2830 SM), Adam tidak diciptakan di Bumi, tetapi diturunkan dimuka bumi sebagai manusia dan diangkat /ditunjuk Allah sebagai Khalifah (pemimpin/pengganti /penerus) di muka bumi atau sebagai makhluk pengganti yang tentunya ada makhluk lain yang di ganti, dengan kata lain adalah Adam ‘bukanlah makhluk berakal pertama’ yang memipin di Bumi.Dari ayat Al-Baqarah 30, banyak mengundang pertanyaan, siapakah makhluk yang berbuat kerusakan yang dimaksud oleh malaikat pada ayat di atas. Dalam Arkeologi, berdasarkan fosil yang ditemukan, memang ada makhluk lain sebelum manusia. Mereka nyaris seperti manusia, tetapi memiliki karakteristik yang primitif dan tidak berbudaya.
      Volume otak mereka lebih kecil dari manusia, oleh karena itu, kemampuan mereka berbicara sangat terbatas karena tidak banyak suara vowel yang mampu mereka bunyikan.
      Sebagai contoh Pithecanthropus Erectus memiliki volume otak sekitar 900 cc, sementara Homo sapiens memiliki volume otak di atas 1000 cc (otak kera maksimal sebesar 600 cc). Maka dari itu bisa diambil kesimpulan bahwa semenjak 20.000 tahun yang lalu, telah ada sosok makhluk yang memiliki kemampuan akal yang mendekati kemampuan berpikir manusia pada zaman sebelum kedatangan Adam.
      Pertanyaan saya : apakah anda mau disebut cucu dari nenek buyut seorang kera/manusia purba yang tidak berakal?

      anda :”Tentang tuhan maha adil, kenapa semua malaikat bernama arab semua kok tidak ada malaikat dari china,japan,atau dari jawa misal mailkat paimin.

      saya : Firman Allah : “Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.” (Q.S. Al-Baqarah [2]:30) ”
      Pertanyaan saya : apa anda tau bagaimana keadaan dunia pada saat itu?

      anda : tentang tuhan maha kaya, jika mau bikin rumah allah masih dimintakan sumbangan dipinggir jalan, dimana kun fayakunnya ? kenapa allah tidak menciptakan rumah ibadah untuk umatnya dengan kunfayakunnya?

      saya : memberi sumbangan = sedekah, bila anda Islam anda tau itu
      manfaat sedekah : anda cari apa manfaat sedekah bila anda seseorang yang cerdas

      anda :tentang allah maha kuasa, sudah bertahun tahun israel menindas bangsa arab yang mayoritas muslim, dengan maha kuasanya tentu harusnya sangat mudah melenyapkan bangsa israel dari muka bumi.”

      saya : coba anda baca mengenai “PERANG BADAR” , PERANG UHUD, PERANG MU’TAH dll, itulah bukti bahwa Allah maha kuasa

      anda : tentang allah maha besar, logikanya jika maha besar kenapa mesti minta pengakuan sebagai dzat maha besar dengan menyuruh manusia untuk menyembahnya?

      saya : manusia dimuka bumi ini yang memiliki agama akan menyembah apa yang mereka anggap Tuhan.
      “baca ayat AL-KAFIRUN bila anda mengaku orang Islam” , bilapun anda tidak menyembah Tuhan, toh nggak turun pangkat juga kan
      pada intinya mau anda menyembah atau tidak, yang namanya Tuhan ya tetap Tuhan
      kita menyembah(beribadah) kepada tuhan pun demi kebaikan kita

      Anda : jika allah maha pengampun, harusnya tidak ada neraka. yang ada hanya surga saja.

      Saya : Jika tidak ada Surga dan Neraka, dapatkah Anda bayangkan manusia tidak takut akan dosa. Jika manusia seperti itu, dapatkah Anda bayangkan setiap manusia akan bertindak semaunya tanpa aturan sedikitpun. Dan tidak akan ada manusia yang percaya akan agama.
      Manusia tidak takut berdosa untuk membunuh, mencuri, dan bersikap semaunya. Inilah fungsi Surga dan Neraka yang dibuat Tuhan untuk mengatur kehidupan. Jika Anda tidak setuju dengan menjawab “Bagaimana dengan karma ?”.
      Ya jika Anda berpikir karma, apakah Surga dan Neraka bukanlah karma? Bisakah Anda pikirkan bahwa Surga dan Neraka itu adalah karma dimana setiap yang dilakukan di dunia akan dibalas di Surga atau Neraka.
      Jika kita berbuat baik di dunia maka Surga menjadi balasan (karma) untuk kita. Dan jika kita berbuat jahat maka Neraka lah yang akan menjadi balasan (karma) untuk kita. So, semua agama pasti memiliki karma dan bila lebih spesifik lagi karma di terangkan dalam Surga dan Neraka.

      anda : jika allah maha melihat mestinya di dunia ini tidak akan ada kejahatan,korupsi.

      saya : segala tindak kejahatan yang dibuat oleh manusia itu karena adanya sebuah ” NAFSU ”
      kita adalah manusia yang memiliki nafsu dan akal,
      dan seharusnya kita lah yang disalahkan mengapa kita tidak bisa mengendalikan nafsu tersebut dan berbuah menjadi sebuah kejahatan

      demikian keterangan singkat dari saya
      bila anda ingin sharing tentang Agama Islam, Insya Allah saya siap melayani🙂

      “untuk saudara-saudaraku umat muslim, jangan terbawa emosi dengan blog/koment seperti ini,karena yang buat belum tentu orang kristen/agama lain”
      kemungkinan besar seperti ini adalah umat ateis yang tak punya agama/satanis(penyembah setan)”

      kurang lebihnya saya minta maaf,

      Balas

    • Posted by Luar biasa on November 19, 2016 at 3:28 am

      Percuma nulis panjang x lebar klo ente ga ngerti mksd dan tujuan Allah SWT/Tuhan yg maha esa bersikap seperti itu lebih baik ente ambil wudhu tau wudhu ga? Klo ga tau tarik selimut molor sia ga usah bangun2 lg alias modar terima kasih waalaikumslm wrwb..

      Balas

  19. Posted by Anonim on April 18, 2014 at 6:24 pm

    Tau itu bukan nabi isa as tpi YUDAS,yg di sembah sama orng kristen dan katolik gak mikir nya orng yg berhianat di sembah emng ada tuhan yg berhianat

    Balas

  20. udah mah,
    itu mah tulisan org kafir yg gk punya agama = penyembah setan/satanisme
    yg ingin ngrusak antar umat beragama

    Balas

  21. org memang malu kalo dibongkar kedok kejelekannya,,,jangan terlalu naif lah,,, akui aja bukan???,,,beres!! sudah ada bukti,, sejarah,,,ayat2,,,masih bandel,,,baik nya dieeeemmmmmm gitu!

    Balas

  22. Posted by Anonim on Juni 3, 2015 at 3:02 pm

    ALLAH HUAKBAR…. ASHADUALLAH ILAHAILALLAH WAASHADUANNA MUHAMAD ROSULULLAH..

    Balas

  23. Posted by Anonim on Juni 10, 2015 at 12:11 pm

    bah. tak payah cakap banyak, kita tunggu jek lah dihari kiamat nanti, agama siapa yg betul,
    yg sesat tu akan di siksa habis,
    inshaa allah,

    Balas

  24. Posted by Anonim on Juni 10, 2015 at 12:14 pm

    menghina agama orang adalah kesalahan yg amat berat.
    understood ?????

    Balas

  25. Posted by Hamba Allah SWT on Juni 12, 2015 at 11:59 am

    Untuk kalian semua yang mengaku agamanya Allah SWT, entah itu muslim atau nasrani. kalian semua gk ada apa2nya, jadi jangan asal BICARA TANPA ILMU.
    Kita cari solusi dari yang berilmu, umat nasrani (PENDETA yang paling berilmu bila perlu PAULUS sekalian), umat muslim ( Ustadz atau kyai ).
    kita liat mereka berdebat tentang masalah ini, sama2 berilmu tentang agamanya. Dan perdebatan itu selalu di menangkan oleh ISLAM, dan Rasa malu untuk nasrani ( # LEBOK TAH HAKAN ). dan bahkan ada pendeta yang langsung masuk Islam. te percaya sok tingali Youtube.
    mangkanya kalo beragama jangan stengah2 kalo udah hafal Injil ( buatan jelema ) bandingkan dengan Al’qurannurkarim.
    SELAMAT MEMBUKTIKAN.

    Balas

  26. Posted by Anonim on Juni 22, 2015 at 2:40 am

    bodoh semua, yang tahu hanya pencipta kamu

    Balas

  27. Posted by hammam al-maduri on Agustus 9, 2015 at 1:16 pm

    Saya merasa tergugah dalam urusan ini…kalian semua gak ada habisnya kalo slg menghina spt ini disini….
    Mana yang pengikut kristiani????
    Bawa semua kitab2 kalian sekalian tokoh agama kalian yang plg tinggi.kita debat ketemu muka saya jg akan bawa kitab Al-Quran saya.Qt kaji masing2 agama Qt melalui kita suci.
    Tunjukan kalo kalian pengikut yesus sejati.

    Balas

  28. Posted by andi on Agustus 26, 2015 at 11:06 pm

    Anak Tuhan, mana dong bapak tuhan, istri tuhan, kakek tuhan, nenek tuhan,,

    Balas

  29. Posted by Anonim on September 12, 2015 at 12:27 am

    Ni nuliis sgini banyak kurg kerjaan apa ni org….apalagi isinya murahan gini…hadeeehhh repot kl urusan sama tuhan si juru parkir sama penebus bpkb….wkwkwk….

    Balas

  30. Posted by Jip Woles on September 12, 2015 at 4:54 am

    Alangkah begoknya pemosting website ni, disangka nya pemeluk islam lemah pola pikir nya, padahal pemeluk islam tujuannya hanya bersyukur dan percaya Allah swt maha pencipta segalanya, bukannya patung atau tuhan yang diperanakkan seperti agama lain tuk disembah,,islam tidak menyembah apapun selain Allah swt, kabah hanya arah kiblat islam bukannya dinding yg untuk di sembah,,Islam hanya menyembah Allah SWT

    Balas

  31. Posted by Anonim on September 21, 2015 at 6:08 am

    ni orang suka membangunkan macan tidur rupanya,,,,entar tak cabik2 mulutnya….

    Balas

  32. Posted by hamba Allah SWT on Oktober 14, 2015 at 2:19 pm

    baru sempet brosing, eh ketemu blog ini.
    Apa untung debat didunia maya, ga ada abis bro,, urusi dulu kehidupan u dan sekitar u, apakah sudah baik?
    Artikel adalah sebuah tulisan hasil karya pikiran yang bisa di ubah dan tambah, Jika ingin mengetahui fakta bisa langsung datang ke lokasi, Penelitian, dan Membuktikan. Jangan hanya sekedar artikel dari pendapat orang lain. Coba buktikan dengan analisis,,, lebih lengkap dengan photo, tapi jangan photo – sop, Bila perlu hasil pembuktian dan analisis coba di unggah di detik.com, kompas.com, vivanews.com, contact team creativ trans biar venomenal.. Jika ada NYALI.
    Trus kl buat artikel jangan di wordpress bro.. di wordpress mah semua orang bisa, cari kok gratisan, Lagi belajar ngeBlog ya. Coba beli domain hosting yang bayar, biar orang percaya. sudah tau caranya belum? Murah kok..

    ingat :
    “Gelas yen isine mung setitik dicandak, di enggo obah, mesti isine kocak”
    “Lakumdienukum waliyadin”

    Balas

  33. Posted by khoirunnas on November 20, 2015 at 2:11 am

    Salam .
    Sbelumnya q minta maaf. Q yakin anda bukan orang muslim. Hanya seorang yg butuh rupiah dengan mengadopsi fakta sejarah islam. Yg diubah hanya untuk kepentingan pribadi anda.
    Q maklumi. Karna anda gak pernah blajar islam.
    Trima ksih

    Balas

  34. Posted by kito hebat on April 9, 2016 at 10:36 am

    daripada seperti itu mari kita berdamai untuk mengisi Indonesia dengan keanekaragaman

    Balas

  35. Posted by Hamba Allah S.W.T on Mei 8, 2016 at 1:01 pm

    Tak perlu diubah suai kenyataan yg pasti, yg telah diturun Allah S.W.T didalam kitab suci Al-Quran nurKarim. Sesungguhnya apa yg difirman Allah S.W.T adalah benar. Allah S.W.T maha besar dan maha mengetahui…

    Balas

  36. Posted by ivan on Juli 13, 2016 at 4:17 am

    Yang pasti ISLAM DIDIRIKAN DIATAS DUSTA DAN TUMPAHAN DARAH

    Balas

  37. Posted by Sanif on November 19, 2016 at 3:11 am

    Kamu aja smoga menemukan jln yg lurus lwt islam..ok islam rahmatanlil alamin okey cuy..

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: