Korban Tewas Ahmadiyah Sempat Digantung Massa

TIGA Jamaah Ahmadiyah Cikeusik Banten yang tewas sempat digantung massa di pohon depan rumah jamaah yang dirusak. Menurut saksi mata Jamaah Ahmadiyah yang juga menjadi korban Diaz, tiga orang tewas itu bernama Rony, Mulyadi dan Tarno. Kata dia Mulyadi merupakan penduduk Cikeusik dan dua lainnya berasal dari Jakarta. Sementara 20an jamaah lainnya yang juga menjadi korban, belum dia ketahui kondisinya.

Ada 25 korban. Tiga meninggal dan itu tewasnya disiksa. Mayatnya digantung di pohon. Artinya penyerang banyak sekali? Sekitar 500 ya. Tapi semakin bertambah ya. Mereka begitu datang langsung membabi buta gitu. Ngelihat jenasahnya merinding pak. Senjata tajam mas? Ya tajam, tumpul, golok, semuanya. Diserbu. Diseret. Dihajar.”

Saksi mata Jamaah Ahmadiyah yang juga menjadi korban Diaz menambahkan massa yang menyerbu sekitar 500 orang dengan membawa berbagai peralatan seperti golok, bambu runcing dan batu. Dia menambahkan, berdasar keterangan polisi massa penyerang menamakan dirinya Gerakan Islam Cikeusik. []

Penyerangan Ahmadiyah akan Dibawa ke Sidang Ham PBB

PARA aktivis hak asasi manusia dan Jemaah Ahmadiyah Indonesia akan melaporkan berbagai kasus penyerangan kepada warga Ahmadiyah ke Sidang Dewan HAM Perserikatan Bangsa Bangsa. Selain karena kasus ini tidak tertangani di dalam negeri, juga karena sidang tersebut, di antaranya membahas masalah penyiksaan dan kebebasan beragama dan berkeyakinan.

Juru Bicara aktivis dari lsm INFID, Wahyu Susilo mengatakan materi laporan yang akan disampaikan kepada PBB selesai dalam 1 – 2 hari ini. Sidang PBB tersebut akan berlangsung 28 Februari hingga 25 Maret mendatang.

“Juga tentu dengan temen-temen Jamaah Ahmadiyah, ingin melaporkan kasus ini di dalam dua pelapor khusus PBB itu dan kita juga mengupayakan agar special rapporteur, terutama untuk kebebasan beragama dan berkeyakinan itu bisa datang ke Indonesia untuk melakukan investigasi terhadap kekerasan yang saya kira berlangsung secara sistematik. Dan saya kira ini bukan yang pertama, ini sudah berlangsung di berbagai daerah dan saya kira memang harus ada upaya sistematik untuk menghentikan ini.”

Kemarin, Jamaah Ahmadiyah di Cikeusik, Banten diserang massa yang menamakan diri Gerakan Islam Cikeusik. Akibatnya 3 orang jamaah Ahmadiyah tewas dalam penyerangan ini.

Kepolisian sampai hari ini sudah memeriksa lima saksi dalam kejadian tersebut. [] © kbr68h

Aliansi Masyarakat Sipil Minta SKB 3 Menteri Dicabut

ALIANSI Masyarakat Sipil beserta belasan perwakilan dari kelompok jaringan aktivis kemanusiaan mengutuk keras penyerangan terhadap jamaah Ahmadiyah di Kampung Peundeuy, Kecamatan Cikeusik, Kabupaten Pandeglang, Banten Minggu (6/1).

Dalam jumpa pers yang dilangsungkan di gedung Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia di Jakarta, Senin(7/1), mereka membacakan tujuh butir pernyataan sikap bersama, yang antara lain berisi desakan agar Presiden mengambil langkah tegas untuk memberikan jaminan perlindungan kepada warga negara, khususnya jemaah Ahmadiyah, seperti diamanatkan oleh konstitusi.

Mereka juga mendesak pemerintah mencabut surat keputusan bersama (SKB) 3 menteri tentang larangan jemaah Ahmadiyah melakukan kegiatan, yang selama ini justru dipakai untuk membetasi kebebasan beragama.

Pernyataan bersama itu juga mendesak presiden memberhentikan Menteri Agama, karena dinilai bertanggung jawab menyulut kekerasan dan permusuhan terhadap jemaat Ahmadiyah. [] © tempo interaktif

One response to this post.

  1. Posted by ungke on Februari 26, 2011 at 2:24 pm

    terjadinya kekerasan oleh umat islam krn buah dari agamanya sendiri,islam tidak akan pernah mentoleril siapapun dia,golongan apapun dia yang tdk sesuai dgn konteks islam,kasih umat islam hanya berlaku buat sesama islam,kejadian penyerangan umat ahmadiyah dibanten bukan hal baru direpublik ini,kasus kerusuhan antar agama di ambon,almahera,poso,pengboman dimalam natal thn 2000 dan byk lg kejadian serupa semuanya tidak ada penyelasain hukumnya.pemerintah seakan menutup mata kasus ini.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: