Jamaah Haji Wafat di Saudi 492 Orang

Angka kematian tahun ini lebih tinggi dibanding tahun lalu. Pusat Kesehatan Haji mencatat, pada tahun lalu, jumlah jamaah wafat di Arab Saudi dan embarkasi/debarkasi (Indonesia) mencapai 451 orang

Jamaah tengah mengelilingi batu hitam – jika mati pasti masuk surga…atau hanya sekedar sebagai tumbal demi ‘mensakralkan’ Batu Hitam???

Madinah – Operasi pemulangan jamaah haji Indonesia telah berakhir pada Sabtu (11/12/2011) malam WAS. Hingga pukul 23.50 WAS, Siskohat Kesehatan mencatat, sebanyak 492 jamaah wafat di Arab Saudi. 

Jamaah wafat mayoritas berusia lanjut yaitu 65 tahun ke atas sebanyak 276 orang atau 56,1 persen. Jenis kelamin pria mendominasi dengan angka 319 orang atau 64,8 persen. Berdasar lokasi wafat, 75 persen wafat di Makkah (369 orang). [Mengapa paling banyak jamaah wafat di Makkah, sebab di kota inilah prosesi tawaf atau mengelilingi Ka’bah untuk mencium batu hitam dilakukan. Dan saking banyaknya jumlah jamaah, akibatnya banyak yang wafat karena berdesak-desakan dan terinjak-injak, Red.]. Jamaah wafat sebagian besar berasal dari embarkasi Solo (SOC) yaitu 86 orang, lalu embarkasi Surabaya 85 orang.

Sementara, 100 persen jamaah haji telah dipulangkan ke Indonesia. Dari Bandara Jeddah, kloter terakhir adalah gabungan jamaah embarkasi Banjarmasin dan Makassar, pada pukul 14.20 WAS. Dari Madinah, jamaah terakhir adalah kloter 85 JKS pada pukul 23.50 WAS.

Namun, masih ada 45 jamaah yang terpaksa tinggal di Arab Saudi karena sakit. Mereka menjalani rawat inap di berbagai rumah sakit di Arab Saudi.“Total hingga hari ini ada 50 jamaah sakit. Hanya saja 5 dari mereka sudah dipastikan bisa diterbangkan dengan kloter terakhir ke tanah air,” kata Ketua PPIH Arab Saudi Syairozi Dimyati, di sela-sela pelepasan kloter terakhir di Bandara KAIA, Jeddah.

Kemenkes bekerja keras menekan angka kematian jamaah, meskipun Kemenag menilai kesuksesan ibadah haji tidak dinilai dari jumlah jamaah wafat. Kemenag beralasan, orang pergi haji kadang-kadang juga dengan cita-cita untuk tutup usia di Tanah Suci. Harapan seperti ini tentu sulit dicegah.

Angka kematian tahun ini lebih tinggi dibanding tahun lalu. Pusat Kesehatan Haji mencatat, pada tahun lalu, jumlah jamaah wafat di Arab Saudi dan embarkasi/debarkasi (Indonesia) mencapai 451 orang. Dengan rincian jumlah jamaah wafat di embarkasi 10 orang, Arab Saudi sebanyak 427 orang dan debarkasi 14 orang. Tahun ini, jamaah wafat di Saudi 492 orang, sedang di embarkasi ada 26 orang.

Tahun depan, petugas haji – khususnya dari unsur kesehatan – akanmendapat tantangan lebih besar, menyusul kebijakan Menteri Agama untuk memprioritaskan memberangkatkan jamaah lanjut usia. (nrl/mpr)

Sumber: detik.com

9 responses to this post.

  1. Posted by ramona on Desember 13, 2011 at 12:36 pm

    terima kasih atas semua komentar anda tentang islam. saya jd lebih yakin bahwa memang benar setan itu selain berbentuk jin ada jg yang berbentuk manusia. salah satunya diri anda.

    Balas

  2. Posted by siti hamidah on Januari 20, 2012 at 11:15 am

    supaya anda tahu bahwa para astronot melihat dunia ini gelap dan hanya mekah dan medinah yang terang, cahaya dari ka’bah naik menembus langit, suara azanpun terdengar menembus ruang hampa udara.
    Coba anda tunjukan di dunia ini mana keajaiban yang bisa melebihi keajaiban Ka’bah.

    Balas

  3. Posted by Helmi on Januari 31, 2012 at 8:52 am

    bukanlah sebuah kebaikan menyembah ke arah timur atau barat. Bukan pula maksudnya menyembah batu hitam, tapi karena patuh pada perintah untuk bersujud ke arah yang sama.

    Balas

  4. Posted by reymon on Februari 25, 2012 at 6:30 am

    hahahahaha…..! dasar MUSLIMOT (muslim lemot)….!! apa dasarnya kalo suara adzan sampai tembus ruang hampa udara..?!?!!?. kalo itu terjadi, maka itu sudah bertentangan dgn hukum fisika. nich manusia makin goblok aja hanya karena ajaran SETAN…….! setan selalu mengajarkan KEJAHATAN meski berbalut KEBAIKAN. seperti yang diajrarkan alquran…….!!!!! sepandai apa pun kalian “MEMOLES” alquran itu agar tetap baik tp akhirnya akan ketahuan juga kalo alquran itu BUSUK seperti bangkai…………….!

    Balas

    • Posted by mrpencarikebenaran on Maret 4, 2012 at 6:46 am

      ga salah bilang muslim lemot boz,, klo dari coment anda justru terbukti tuan reymon lah yang lemot,, anda terlalu bodoh untuk tidak mengetahui penelitian ilmiah yang di lakukan para astronot yang sengaja di sembunyikan oleh pemimpin anda agar anda tetap menjadi domba dan tidak menjadi manusia,, kasihan banget loe… belajar pengetahuan lagi deh ya sebelum coment macem2 wahai boneka paulus..

      Balas

  5. Posted by Boss...ok on Juni 9, 2012 at 8:02 pm

    Tidak tahu artinya, kasih komentar. Ha…ha… kasian deh lu. Diam, diam dan diam.

    Balas

  6. Posted by Anonim on Juni 10, 2012 at 3:34 pm

    ane pikir nih yang nulis malah kagak punya agama kayanya,,,,,bloon,bodo,,,,sok ilmiah tapi kagak berilmu,,,,,,

    Balas

  7. Posted by Anonim on Juni 10, 2012 at 3:35 pm

    mirip keledai gitu lho….

    Balas

  8. Posted by Anonim on Juni 18, 2012 at 9:41 am

    aneh ini blog, seperti mengadu domba, disini yang ngomel orang islam, di blog yang sama yang ngomel orang kristiani, ditempat lain malah agama gw ikut dibawa bawa, sebenernya ini blog apaan seh?

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: